WhatsApp Garap Fitur Keamanan untuk Tingkatkan Kerahasiaan Chat

WhatsApp Garap Fitur Keamanan untuk Tingkatkan Kerahasiaan Chat

WhatsApp Garap Fitur Keamanan untuk Tingkatkan Kerahasiaan Chat

WhatsApp mengusahakan meningkatkan keamanan untuk chat yang disimpan di cloud. Lapisan keamanan tambahan yang tengah ditunaikan WhatsApp bernama fitur proteksi password.
Pasang Bola
Fitur proteksi password ini bakal mengenkripsi chat yang sudah disimpan di cloud, sehingga chat selanjutnya cuma sanggup diakses oleh pengguna. Informasi ini pertama kali ditemukan oleh WABetaInfo.

Mengutip laman The Verge, Selasa (9/3/2021), pengerjaan fitur proteksi password ini sudah terjadi sejak th. lalu.

WABetaInfo share screenshot mengenai bagaimana fitur proteksi password bakal ada di tampilan WhatsApp versi iOS dan Android.

“Untuk menghindar akses tidak sah ke chat yang disimpan di iCloud Drive (cloud), Anda sanggup sesuaikan kata sandi yang bakal dipakai untuk mengenkripsi backup di jaman mendatang,” demikian bunyi postingan di screenshot tersebut.

Lebih lanjut disebutkan, “sandi ini bakal dibutuhkan saat Anda memulihkan chat berasal dari backup.”

WhatsApp kemudian bakal meminta pengguna mengkonfirmasi nomor telephone mereka dan memilih sandi yang terdiri berasal dari delapan pembawaan atau lebih.

Screenshot lain memperingatkan, “WhatsApp tidak bakal sanggup menunjang memulihkan password yang terlupa.”

Perlu diketahui, chat WhatsApp saat ini dilindungi bersama dengan enkripsi end-to-end. Artinya pesan cuma sanggup dicermati oleh pengirim dan penerima.

Namun, WhatsApp memperingatkan bahwa enkripsi end-to-end tidak mencakup chat yang di-backup dan disimpan di sarana cloud seperti Google Drive dan iCloud.

Setelah chat di-backup dan berada di server cloud punya Google Drive dan juga iCloud, keamanannya menjadi tanggung jawab penyedia sarana cloud.

Meski dijamin keamanannya, sebelumnya penyedia sarana cloud membuatnya sanggup diakses oleh otoritas penegak hukum dan pemerintah untuk kepentingan investigasi.

Siapa pun Tak Bisa Akses Chat yang Dilindungi Password
Nah, fitur proteksi password ini secara teoretis bakal menghindar siapa pun mengakses riwayat percakapan pengguna tanpa izin.

The Verge menyebut, fitur baru ini barangkali ada untuk meningkatkan reputasi WhatsApp yang sempat terpukul sebab kebijakan privasi baru.

Sebelumnya, update kebijakan privasi WhatsApp ini membuat kekuatiran pengguna, perihal share knowledge bersama dengan Facebook.

WhatsApp bersikeras bahwa kebijakan baru ini tidak bakal merubah keamanan dan privasi pesan.

Kunjungi Juga : Berita Terkini Teknologi

Pihak WhatsApp sendiri menolak berkomentar atas fitur baru yang barangkali bakal langsung dirilis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *