Metode Mengenal 3 Ekosistem Utama Dalam Lingkungan Hidup

Metode Mengenal 3 Ekosistem Utama Dalam Lingkungan Hidup

Metode Mengenal 3 Ekosistem Utama Dalam Lingkungan Hidup – Apa, sih, sesungguhnya ekosistem itu? Ekosistem itu merupakan sesuatu ikatan yang tidak terpisahkan, dampingi insan hidup dengan area di mana mereka terletak.

caribbeanflamingo.org Suatu ekosistem ini tercipta oleh 2 bagian penting. Terdapat omponen biotik ataupun makluk hidup semacam orang, binatang, serta belukar, pula bagian abiotik ataupun barang mati semacam temperatur hawa, cahaya mentari, air, serta tanah.

Baca Juga : Kelomang Dalam Binatang Dan Ekosistem

Dengan cara biasa terdapat 3 berbagai ekosistem, ialah ekosistem bumi, air, serta ciptaan.

Ekosistem Air

Ekosistem ini terdapat sebagian tipe ialah:

1. Ekosistem air tawar

Kandungan garam dalam ekosistem ini lebih kecil dibanding dengan ekosistem air yang lain. Pangkal airnya umumnya berawal dari mata air dalam tanah.

Temperatur airnya umumnya normal. Tumbuhan yang hidup pada ekosistem ini umumnya lumut. Yang masuk dalam katagori ini merupakan telaga, rawa, serta bengawan.

2. Ekosistem laut

Semacam kita ketahui, air laut memiliki kandungan garam. Ekosistem air laut ini amat besar. Di situ bermukim bermacam tipe biota laut. Terdapat belukar semacam rumput laut serta alga.

Sebaliknya binatang mulai dari yang ukurannya amat kecil hingga amat besar, sampai terumbu karang.

O iya, dalam ekosistem laut ada pula ekosistem laut dalam. Yang terletak pada ledalam lebih dari 6. 000 meter. Di situ tidak banyak insan hidup yang dapat bertahan hidup. Ilustrasi penunggu ekosistem laut dalam merupakan kuman.

3. Ekosistem estuari

Jika yang ini merupakan ekosistem yang terletak di pertemuan bengawan serta laut. berbentuk ambang bengawan yang amat luas, rawa- rawa tepi laut. Tidak banyak binatang yang dapat hidup di ekosistem ini.

Sebab terdapatnya kombinasi air payau serta air laut. Sebagian binatang yang dapat hidup di situ merupakan kijing, cacing, siput, tiram.

4. Ekosistem pantai

Pinggiran bumi serta laut seperti itu tepi laut. Karakteristik kuncinya merupakan wilayah ini berpasir serta sebagian terdapat batu karangnya.

Sebagian penunggu ekosistem tepi laut merupakan bakau ataupun mangrove, kelapa, lumut, udang, ketam, bakau, anemone.

5. Ekosistem terumbu karang

Ekosistem ini ialah ekosistem yang berarti. Sebab di sanalah terjalin perkembangbiakan ikan laut.

Umumnya ikan- ikan kecil ini hidup melekat di dekat terumbu karang. Terumbu karang sendiri merupakan wilayah berkarang di dasar laut.

Ekosistem Darat

Ekosistem bumi ini pula dibagi lagi jadi sebagian tipe, ialah:

1. Hutan hujan tropis

Cocok namanya hutan hujan tropis ini terletak di area tropis serta subtropis. Umumnya ditumbuhin oleh pohon- pohon besar serta besar.

Tanahnya produktif serta basah. Hutan hujan tropis jadi tempat hidup kesukaan ribuan flora serta fauna.

Serta amat berfungsi buat melindungi supaya tidak terjalin musibah banjir serta tanah gugur. Ilustrasi belukar yang hidup di situ tumbuhan kayu- kayuan semacam asli, kayu besi, mahoni, serta bunga anggrek hutan.

Kemudian hewannya monyet, gajah, bermacam tipe burung, gembong, serta banyak lagi.

2. Sabana

Sabana ini ialah wilayah padang rumput yang besar serta dikelilingi oleh tumbuhan. Sabana terdapat di NTT, NTB, Afrika, Australia Utara, serta Amerika Utara. Meski tidak seluruh, mayoritas binatang yang hidup di situ merupakan binatang pemangsa belukar. Ilustrasinya gajah, kuda belang, serta jerapah.

3. Gurun

Padang pasir merupakan area yang besar, gersang, serta tandus pula amat panas serta kering udaranya. Ilustrasinya Padang pasir Padang pasir di Afrika serta Gobi di Asia.

Cuma insan hidup yang amat kuat panas yang dapat hidup di situ. Ilustrasinya, berbagai macam berbagai kaktus, tumbuhan kurma, gamal, serta burung gamal.

Penguin salah satu binatang yang kuat hidup di tempat yang amat dingin

4. Taiga

Taiga ini merupakan ekosistem yang terletak di antara wilayah subtropis serta poros. Di situ masa dingin hendak berjalan amat lama serta masa panas yang amat pendek.

Semacam, area Skandinavia, Rusia, Siberia, Alaska, serta Kanada. Belukar yang dapat hidup di situ merupakan pinus serta pinus. Kemudian hewannya berada, serigala, serta sebagian burung- burung yang pindah.

5. Tundra

Ini merupakan ekosistem yang amat dingin. Umumnya semua daerahnya tertutup oleh es. Tidak banyak insan hidup yang dapat hidup di situ.

Ilustrasinya ekosistem tundra terdapat di area Poros. Binatang yang hidup di situ ilustrasinya bison poros, rusa poros, peguin, kelinci salju, serta berada poros. Sebaliknya belukar sebagian tipe rumput serta ganggang.

6. Karst

Karst merupakan ekosistem yang didominasi oleh batuan kapur. Banyak terowongan yang tercipta di wilayah karst semacam ini. Area karst umumnya berkampung kering serta tidak produktif.

Ilustrasi insan hidup yang hidup di situ merupakan bermacam tipe galagasi, udang, kelelawar, serta tumbuhan khas terowongan.

Ekosistem Buatan

Nah, cocok dengan namanya ekosistem ini terencana terbuat oleh orang. Tujuannya buat penuhi keinginan hidupnya. Ilustrasi ekosistem ciptaan merupakan tanggul, hutan ciptaan, kebun, perkebunan, serta peternakan.