Beberapa Fakta Gajah Yang Mungkin Belum Kalian Tau

caribbeanflamingo

Beberapa Fakta Gajah Yang Mungkin Belum Kalian Tau – Tubuh besar, dengan batang panjang merupakan ciri utama gajah. Hewan yang satu ini cukup familiar di telinga manusia, bahkan banyak diantara kita yang pernah melihat hewan raksasa ini secara langsung, baik itu di kebun binatang, sirkus, ataupun melihatnya langsung di habitat aslinya.

Beberapa Fakta Gajah Yang Mungkin Belum Kalian Tau

caribbeanflamingo – Jenis gajah yang tersisa hanya dua, yaitu gajah afrika dan gajab asia. Gajah adalah hewan yang luar biasa. Bukan hanya karena bobot tubuhnya yang besar tetapi juga karena mereka adalah hewan yang sangat sensitif seperti manusia!

Baca Juga : Beberapa Keunikan Tupai Yang Mungkin Belum Banyak Diketahui

Keluarga gajah dipimpin oleh seekor betina

Berbeda dengan kawanan hewan lain, keluarga gajah sebenarnya dipimpin oleh seekor betina. Jangan salah, tidak sembarang wanita bisa menjadi pemimpin kelompok. Pemimpin yang dipilih adalah yang tertua, karena semakin tua gajah betina maka semakin kuat pengaruhnya dalam suatu kawanan.

Dalam satu keluarga gajah tidak akan pernah ditemukan gajah jantan dewasa, karena gajah jantan hanya akan hidup bersama kelompoknya selama 15 tahun sebelum berpisah dari induknya.

Gajah hanya perlu tidur selama 4 jam

Badan gajah memang besar, tapi mereka tidak malas. Kami membutuhkan 8 jam untuk tidur, sedangkan gajah hanya tidur 4 jam dalam semalam. Bagi gajah, tidur nyenyak memang tidak mudah. Mereka jarang tidur sambil berbaring dan mendengkur. Alih-alih tidur nyenyak, kebanyakan gajah justru menghabiskan waktu istirahatnya dengan tidur dalam posisi berdiri.

Tapi mereka menghabiskan 16 jam waktu mereka untuk makan

Seekor gajah Afrika memiliki berat antara 4.000 dan 7.000 kg. Sedangkan gajah Asia memiliki berat 3.000 hingga 5.000 kg. Karena ukurannya yang super besar, tak heran jika gajah makan banyak sekali. Tidak ada ukuran pasti berapa kilogram makanan yang bisa mereka makan, tapi seekor gajah bisa menghabiskan 16 jam waktunya hanya untuk makan.

Jangan salah, gajah juga punya kenangan indah lho!

Selain bertubuh besar, otak gajah juga besar. Seekor gajah dewasa memiliki otak seberat 5,4 kg. Dengan otak yang begitu berat, mereka juga memiliki ingatan yang baik bahkan tergolong hewan yang cerdas. Seekor gajah dapat mengingat gajah atau manusia meskipun mereka tidak pernah bertemu selama bertahun-tahun. Tak hanya itu, saat diberi cermin, gajah juga mengenali bayangannya sendiri!

Seringkali baper, gajah adalah hewan yang sensitif

Gajah mungkin memiliki tubuh yang besar tetapi seperti halnya manusia, gajah juga memiliki perasaan. Saat seekor betina melahirkan, gajah-gajah lain akan dengan senang hati menyambut anggota barunya dan bekerja bahu membahu merawat bayi kecil tersebut.

Mereka juga khawatir jika gajah lain sakit, bahkan menangis saat salah satu kawanannya mati. Sedih sekali, sekelompok gajah akan berpelukan dan meluangkan waktu untuk memandangi temannya yang sudah meninggal selama beberapa jam dan bahkan berusaha menutupi gajah malang itu dengan tanah dan tanaman sebelum berangkat.

Hamil selama 9 bulan memang tidak mudah bagi wanita. Namun jika dibandingkan dengan manusia, 9 bulan bukanlah apa-apa bagi gajah. Seekor gajah betina hanya subur beberapa hari. Meski hanya memiliki beberapa hari untuk kawin, gajah betina harus melewati masa kehamilan yang sangat lama, yaitu sekitar 22 bulan, hingga akhirnya melahirkan bayi gajah ke dunia.

Percaya atau tidak, gajah sebenarnya pandai berenang

Sebagian besar dari kita mungkin mengira, gajah akan tenggelam begitu masuk ke dalam air. Mereka besar, tapi jangan salah mereka besar, mereka sebenarnya perenang yang sangat baik. Saat berada di dalam air, gajah bisa berenang dan bahkan menggunakan belalainya untuk menyelam. Keren?

Gajah menggunakan belalainya untuk berjabat tangan

Gajah adalah hewan yang cukup ramah. Uniknya, layaknya manusia, gajah juga selalu menyapa bahkan bersalaman saat bertemu dengan gajah asing yang bukan dari kelompoknya. Tentu saja mereka tidak benar-benar mengangkat salah satu kaki mereka dan menjabat tangan mereka, melainkan mengaitkan batang mereka. Mereka bahkan membuat suara gemuruh rendah sebagai cara untuk mengatakan “halo”.

Kulit gajah juga bisa terbakar sinar matahari

Tidak hanya manusia yang membutuhkan tabir surya atau sunblock untuk melindungi kulitnya dari sinar matahari, tapi juga gajah. Kulit gajah agak sensitif dan bisa terbakar dengan sinar ultraviolet. Agar hal tersebut tidak terjadi, para gajah selalu berusaha mencari tempat yang teduh untuk beristirahat. Mereka juga rajin merawat kulitnya dengan rajin “mengoleskan” lumpur pada kulitnya menggunakan belalainya.